Wednesday, August 19, 2015

Bersyukur yuks!..

Sering dengar kata itu kan?? Apa sih bersyukur itu?? Bagaimana cara bersyukur itu?? Manfaatnya apa ya??

Pernah gak sih dalam keseharian hidupmu terbesit dalam pikiran merasa kurang puas dengan keadaan yang sekarang? (Pasti pernahlah ya, karna aku juga ngalamin itu)
Mungkin merasa kecewa karna apa yang menjadi harapan kita belum sesuai dengan kenyataan yang kita terima? (Yakin deh sebangian besar dari kalian pasti juga ngerasain ini) 
Ketidakpuasan dengan keadaan kehidupan kita menjadikan sering kali kita mengeluh, ujung-ujungnya gak semangat lagi buat jalani hidup. (Bener kan?)
Lebih parahnya lagi, ngadunya ke Tuhan pula yang udah memberikan kita hidup di dunia ini. Ckckck...

Gak sedikit juga orang-orang yang sering mengatakan "Aku sudah bersyukur tapi, nyatanya hidupku gini-gini aja dan gak ada perubahan." Kalau kalian mengucapkan kalimat tersebut terutama pernyataan "nyatanya hidupku gini-gini aja dan gak ada perubahan." Artinya belum bisa bersyukur. 
Memang sudah mengucapkan kata bersyukur tetapi secara esensi kalimat tadi merendahkan apa yang sudah diberikan Tuhan, dan akibat dari yang menyatakannya mereka tidak bisa merasakan nikmat yang lebih besar lagi.

"Karena bersyukur bukan sekedar kata-kata. Bersyukur adalah rasa terimahkasih atas sebuah pemberian dari Tuhan entah bagaimanapun rupa dan bentuk pemberian itu"

Masih bingung cara bersyukur seperti apa? Masih gak tau caranya? Mmhh.. 
Bisa dimulai dengan kehidupan kita sehari-hari loh. Yang harus kalian lakukan..

1.Jangan Mengeluh
Misalnya: ngeluh gaji kecil, ngeluh bos pelit, ngeluh wajah gak cantik atau ganteng, ngeluh gak dapet pacar, ngeluhin sifat temen, ngeluh gak punya uang, dan keluhan yang lainnya..

Ingat! Mengeluh itu situasi dimana orang lupa akan kondisi sebaliknya dan jika di ulang berkali-kali akan menjadi sesuatu yang kita percayai. 

2. Jangan mengecil-ngecilkan nikmat yang diberikan Tuhan
Misalnya: aah, biasa aja deh dia lebih cantik!, aah, rumahku gak bagus kok masih bagusan rumah kamu!, aah, mobilku gak bagus udah lama sesangkan dia punya mobil baru!, dan hal lainnya ..

Mungkin bagian dari budaya kita sih, untuk merendah, tidak sombong, tetapi yang jadi masalah adalah kalau omongan ini terlalu sering kita ucapkan sehingga kita tidak lagi bisa membedakan antara hanya sekedar basa-basi dengan yang sebenarnya kita rasakan.

3.Jangan kikir
Cara berfikir kikir sungguh bahaya loh, lebih bayaha dari suka mengeluh, karena di belakangnya tersimpan rasa tidak adanya terimakasih kepada Tuhan, serta rasa tidak percaya akan pertolongan dan kekuasaan Tuhan. 

Dengan begitu, kita bisa gunakan energi dalam diri kita untuk mensyukuri apa yang kita punya dan kamupun akan dapatkan manfaat bersyukur di kehidupanmu.. 

"Berterima kasih dahulu, mau tidak mau, Tuhan akan memberikannya padamu karena kamusudah berterima kasih. Dan dipastikan kalian sudah siap menerima pemberianNya"

No comments:

Post a Comment